13 Bisnis yang Menguntungkan di Desa dan Menjanjikan!

Membuka usaha atau bisnis di desa memang bukan merupakan pilihan yang akan banyak menguntungkan sepertinya karena daya beli masyarakat desa yang cenderung kecil. Namun  apabila anda menjual barang yang memang dibutuhkan masyarakat desa tidak mustahil membuka bisnis di desa dapat memberikan keuntungan banyak yang tidak diperkirakan sebelumnya. Berikut 17 bisnis yang menguntungkan di desa yang patut dicoba.

  1. Bisnis Pulsa

Tidak hanya aliran listrik yang telah banyak masuk desa-desa kecil di Indonesia, namun sinyal seluler juga telah merambah masyarakat desa. Untuk itu, kebutuhan akan pulsa sudah tidak dipungkiri lagi juga merupakan kebutuhan masyarakat desa. Hal ini dapat memberikan keuntungan jika anda mencoba membuka bisnis pulsa di desa. Anda bisa menjadi agen pulsa di desa.

  1. Bisnis Sembako

Akses ke desa yang sulit biasanya membuat pemenuhan kebutuhan masyarakat akan sembako pun terbatas, untuk itu anda dapat membuka atau sekaligus menjadi agen sembako di desa. Selain dapat menolong tetangga-tetangga anda di desa anda juga dapat meraup keuntungan yang lumayan.

  1. Bisnis Jahit

Untuk membuka bisnis ini anda perlu memiliki keahlian khusus dalam menjahit yang bagus sehingga tidak semua orang dapat membuka bisnis jahit. Untuk itu, jika di desa anda belum ada atau belum banyak orang yang membuka bisnis jahit anda dapat membuka bisnis jasa ini. Keuntungan yang cukup besar pun dijanjikan dari bisnis jahit.

  1. Bisnis Reparasi Kendaraan Bermotor (Bengkel)

Bisnis ini sangat jarang terdapat di desa namun juga sangat dibutuhkan jika tidak ada sama sekali di desa tersebut. Bayangkan saja jika anda mengalami kendaraan motor mogok, maka anda tidak dapat menemukan solusi dengan cepat. Untuk itu, jika anda memiliki keahlian atau pengetahuan yang memadai tentang kendaraan bermotor anda dapat membuka bisnis ini di desa.

  1. Bisnis Ternak Hewan

Memang bisnis ini merupakan bisnis yang paling umum dan cocok dilakukan di desa karena selain masih tersedia halaman atau tempat yang luas juga pakannya pun masih sangat banyak tersedia di desa. Untuk itu, bagi anda yang ingin memulai bisnis ini di desa dan memiliki modal yang cukup besar, anda dapat membuka bisnis ternak hewan di desa anda. Hewan ternak yang lazim dijadikan bisnis yaitu, sapi, kerbau, kelinci, ayam, bebek dan ikan.

  1. Bisnis Service Elektronik

Bisnis ini merupakan bisnis langka yang ada di desa, jika kemampuan serta pengetahuan anda cukup bisnis service elektronik yang biasanya hanya terdapat di kota dapat anda buka di desa. Masyarakat atau tetangga-tetangga di desa anda tidak perlu repot menunggu waktu untuk pergi ke kota untuk memperbaiki alat-alat elektronik mereka yang rusak dan butuh perbaikan.

  1. Bisnis POM Bahan Bakar Kendaraan (Bensin dan Solar) Mini

Belum hadirnya SPBU di daerah yang memasuki kawasan desa, dapat membuka peluang bagi anda untuk membuka bisnis pom bensin mini. Bisnis ini memerlukan sedikit usaha yang lebih bagi anda untuk memasok bahan bakar kendaraan dari kota atau agen.

  1. Bisnis Toko Pakaian

Pengaruh teknologi internet yang telah merambah desa membuat masyarakat desa saat ini tidak lagi merupakan masyarakat yang berpakaian apa adanya. Dengan adanya internet, masyarakat desa saat ini menjadi lebih melek terhadap perkembangan fashion yang ada. Untuk itu, kesulitan akses ke kota (bagi masyarakat desa) yang membutuhkan dana lebih dalam transportasi dapat anda berikan solusi dengan membuka usaha toko pakaian di desa anda. Anda dapat membuka usaha toko pakaian dengan cara mengambil barang dari agen pakaian kemudian menjual kembali. Pembelian dalam jumlah grosir yang banyak tidak akan membuat anda keberatan atau merugi karena biaya transportasi.

  1. Bisnis Jasa Cukur

Jasa cukur memang tampak remeh namun penghasilan dari bisnis jasa cukur tidak dapat dianggap sepele. Bisnis jasa cukur merupakan bisnis yang dibutuhkan untuk memperbaiki penampilan dan tentunya bagi anda yang ingin membuka bisnis ini anda harus memiliki keahlian khusus dan teknik tertentu dalam memotong rambut. Jika anda berminat membuka bisnis ini, percayalah anda tidak akan merugi karena bisnis ini biasanya bisnis yang jarang terpikirkan apabila dibuka di desa.

  1. Bisnis Pertanian (Pengepul Hasil Panen)

Memasarkan hasil pertanian dengan harga yang menguntungkan merupakan tantangan besar bagi masyarakat desa yang tidak memiliki akses yang baik ke kota. Untuk itu, agar hasil pertanian yang berkualitas memiliki harga yang pantas, jika anda memiliki modal yang cukup besar anda dapat membuka bisnis sebagai pengepul hasil panen masyarakat didesa anda. Selain memberikan harapan akan keuntungan yang lebih bagi masyarakat desa yang juga tetangga anda, anda juga dapat menghindari perlakuan semena-mena para tengkulak yang berasal dari kota yang membeli hasil pertanian dengan harga yang sangat murah.

  1. Bisnis Industri Kreatif

Keterbatasan akses yang saat ini sudah semakin menemukan solusi karena akses internet juga telah banyak masuk desa membuat masyarakat desa tidak perlu khawatir lagi dengan ketidakmampuan dalam memasarkan produk industri kreatif yang mereka buat. Produk industri kreatif seperti kerajinan rotan dan ukiran kini dapat dipasarkan melalui media online secara luas dan kreatif.

  1. Bisnis Air Isi Ulang

Bisnis yang biasanya masuk juga dalam bisnis warungan ini memang terbilang bisnis kecil namun penghasilan dari bisnis air isi ulang tidak dapat diremehkan. Kebutuhan akan air bersih merupakan kebutuhan primer rumah tangga yang harus dipenuhi.

  1. Bisnis Warnet (warung internet)

Kebutuhan akan informasi yang terus menerus berkembang dan telah merambahnya internet ke desa membuat bisnis warnet (warung internet) dapat menjadi bisnis yang menguntungkan di desa. Para pelajar saat ini juga telah dituntut untuk akses informasi yang lebih cepat yang tersedia di internet. Untuk itu, bisnis ini dapat dijadikan salah satu pilihan bisnis di desa.

Tinggalkan Balasan